KEBIJAKAN PRIVASI
Kebijakan Privasi ini (“Kebijakan”) menjelaskan bagaimana PT Praweda Sarana Informatika sebagai pemilik Aplikasi
Esignature ("Aplikasi"/ “Esignature”), afiliasinya, perusahaan-perusahaan yang terasosiasi dengannya,
dan entitas-entitas yang dikendalikan bersama (secara kolektif disebut “Esignature”, atau “Kami”) mengumpulkan,
menggunakan, memproses dan mengungkapkan Data Pribadi Anda melalui penggunaan Aplikasi dan Situs Web Esignature
(termasuk semua aplikasi seluler dan situs web yang dioperasikan oleh Esignature (secara sendiri-sendiri disebut “Aplikasi”
dan “Situs Web”), produk-produk, fitur-fitur, dan layanan lainnya secara global (secara kolektif disebut “Layanan”).
Ketentuan ini berlaku untuk para pelanggan, agen, vendor, pemasok, mitra kami, kontraktor dan penyedia
layanan (secara kolektif disebut “Anda”)
1. DEFINISI
Setiap kata atau istilah berikut yang digunakan di dalam Kebijakan Privasi ini memiliki arti seperti berikut di bawah,
kecuali jika kata atau istilah yang bersangkutan di dalam pemakaiannya dengan tegas menentukan lain.
1.1 |
"Kami", berarti PT Praweda Sarana Informatika selaku pemilik dan pengelola aplikasi Esignature
dan/atau mobile application yang bernama Esignature. |
1.2 |
"Anda", berarti tiap orang yang mengakses dan menggunakan layanan dan jasa yang disediakan oleh Kami. |
1.3 |
“Mitra” adalah perusahaan maupun perorangan yang menjadi vendor atau mitra bisnis dalam
menjalankan layanan Esignature.
|
1.4 |
"Layanan", berarti tiap dan keseluruhan jasa serta informasi yang ada pada Situs Esignature,
dan tidak terbatas pada informasi yang disediakan, layanan aplikasi dan fitur, dukungan data,
serta aplikasi mobile yang Kami sediakan.
|
1.5 |
"Pengguna", berarti tiap orang yang mengakses dan menggunakan layanan dan jasa yang disediakan
oleh Kami, termasuk diantaranya Pengguna Belum Terdaftar dan Pengguna Terdaftar.
|
1.6 |
"Pengguna Belum Terdaftar", berarti tiap orang yang mengakses Situs Kami dan belum melakukan registrasi.
|
1.7 |
"Pengguna Terdaftar", berarti tiap orang yang mengakses dan menggunakan layanan dan jasa yang
disediakan oleh Kami, serta telah melakukan registrasi dan memiliki akun pada Situs Kami.
|
1.8 |
"Pihak Ketiga", berarti pihak lainnya, termasuk namun tidak terbatas pihak bank, multifinance,
broker dan penyedia layanan asuransi, transfer dana, telekomunikasi yang menyediakan layanannya dalam Situs.
|
1.9 |
"Informasi Pribadi", berarti tiap dan seluruh data pribadi yang diberikan oleh Pengguna
di Situs Kami, termasuk namun tidak terbatas pada nama lengkap, tempat dan tanggal lahir,
jenis kelamin, alamat, nomor identitas, informasi debitur, kartu keluarga, akta kelahiran,
surat nikah, akta, bukti kepemilikan, KTP, NPWP, surat izin usaha, surat penjaminan,
data penghasilan, lokasi pengguna, kontak pengguna, serta dokumen dan data pendukung
lainnya sebagaimana diminta pada ringkasan pendaftaran akun serta pada ringkasan aplikasi pengajuan.
|
1.10 |
"Konten", berarti teks, data, informasi, angka, gambar, grafik, foto, audio, video,
nama pengguna, informasi, aplikasi, tautan, komentar, peringkat, desain, atau materi
lainnya yang ditampilkan pada Situs.
|
1.11 |
“Situs”, berarti http://esignature.samudera.id
|
2. PENGUMPULAN INFORMASI PRIBADI
Kami mengumpulkan Informasi Pribadi mengenai Anda sebagai Pengguna saat mengakses atau menggunakan
Situs mengacu sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016
tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik.
Kami juga mengumpulkan informasi tidak langsung yang tidak dapat diidentifikasi secara pribadi yang
mungkin terkait dengan Anda selaku Pengguna, termasuk nama keanggotaan, alamat IP dan informasi login,
akses ke kamera yang digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna, akses ke GPS untuk dapat memberikan info
posisi Pengguna, serta hal-hal lain termasuk preferensi pencapaian dan demografi. Informasi pribadi Anda
hanya digunakan untuk kepentingan yang terkait yang telah disetujui oleh Pengguna.
3. PENGGUNAAN DAN PEMBAGIAN INFORMASI PRIBADI
Dalam penggunaan Anda baik sebagai Pengguna Belum Terdaftar ataupun sebagai Pengguna Terdaftar,
Kami akan mengumpulkan beberapa Informasi Pribadi sebagai identifikasi Anda. Informasi pribadi
tersebut juga mungkin akan Kami sampaikan kepada Pihak Ketiga dalam hal pemrosesan kegiatan yang
berhubungan dengan pengajuan Anda terhadap suatu produk atau layanan tertentu. Dengan Anda telah
memberikan Informasi Pribadi, berarti Anda memahami dan menyetujui bahwa Anda melakukan pengajuan
atas diri pribadi dan tanpa ada paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun, dan hanya digunakan
untuk kepentingan tersebut di atas.
Menyediakan layanan dan fitur
Data Pribadi Anda akan digunakan untuk menyediakan, mempersonalisasikan, memelihara,
dan meningkatkan produk dan layanan kami.
Termasuk menggunakan Data Pribadi Anda untuk:
|
memberi Anda Layanan di berbagai vertikal bisnis kami;
|
|
melibatkan Anda untuk menyediakan Layanan;
|
|
membuat, mengelola, dan memperbarui akun Anda;
|
|
memverifikasi identitas Anda;
|
|
memvalidasi perjalanan Anda dan memproses pembayaran;
|
|
menawarkan, memperoleh, menyediakan atau memfasilitasi solusi asuransi atau pembiayaan;
|
|
melacak progres perjalanan Anda dan mendeteksi variasi perjalanan yang tidak normal;
|
|
mengaktifkan fitur yang mempersonalisasi Aplikasi Anda, seperti daftar tempat
favorit Anda dan tujuan sebelumnya;
|
|
melakukan operasi internal yang diperlukan untuk menyediakan Layanan kami,
termasuk troubleshooting software bugs dan masalah operasional, melakukan analisis data,
pengujian dan penelitian, pemantauan dan analisis tren penggunaan dan aktivitas;
|
|
melindungi keamanan atau integritas Layanan dan setiap fasilitas atau peralatan yang
digunakan untuk membuat Layanan tersedia;
|
|
memproses dan mengelola hadiah-hadiah Anda;
|
|
memungkinkan komunikasi antara pengguna kami;
|
|
memproses, mengelola, atau memverifikasi aplikasi Anda untuk berlangganan Esignature
dan memberi Anda manfaat pelanggan; dan
|
|
memungkinkan mitra kami untuk mengelola dan mengalokasikan sumber daya armadanya.
|
Selain hal tersebut diatas, Kami juga menggunakan Informasi Pribadi dalam kapasitas
Kami sebagai pemberi layanan kepada Anda untuk hal sebagai berikut :
Keselamatan dan Keamanan
Kami menggunakan data Anda untuk memastikan keselamatan dan keamanan
layanan kami dan semua pengguna. Ini termasuk:
|
menyaring vendor dan mitra sebelum mengaktifkan penggunaan Layanan kami;
|
|
mengidentifikasi perilaku mitra, vendor, pengiriman yang tidak sesuai prosedur,
dan memberikan tanggapan yang dipersonalisasikan kepada mitra, vendor, pengiriman;
|
|
memverifikasi identitas Anda saat Anda masuk ke Esignature;
|
|
menggunakan perangkat, lokasi, profil, penggunaan dan Data
Pribadi lainnya untuk mencegah, mendeteksi dan memerangi penipuan atau kegiatan yang tidak aman;
|
|
membagikan lokasi mitra, vendor, pengiriman yang melanggar prosedur;
|
|
memantau kepatuhan terhadap syarat dan ketentuan kami, kebijakan dan Kode Etik, mitra, vendor dan pengiriman; dan
|
|
mendeteksi, mencegah dan menuntut kejahatan.
|
Dukungan Pelanggan
Kami menggunakan Data Pribadi untuk menyelesaikan masalah
dukungan pelanggan. Sebagai contoh, kami dapat:
|
menyelidiki dan mengatasi masalah;
|
|
memantau dan meningkatkan respons dukungan pelanggan kami;
|
|
menanggapi pertanyaan, komentar, dan tanggapan; dan
|
|
memberitahukan Anda tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk
menyelesaikan masalah dukungan pelanggan.
|
|
Penelitian, pengembangan dan keamanan
|
Kami dapat menggunakan Data Pribadi yang kami kumpulkan untuk pengujian, penelitian, analisis,
dan pengembangan produk. Hal ini dapat memberikan kami untuk memahami dan menganalisa kebutuhan
dan preferensi Anda, melindungi data pribadi Anda, memperbaiki dan meningkatkan keselamatan dan
keamanan layanan kami, mengembangkan fitur-fitur baru, produk dan layanan, dan memfasilitasi solusi
asuransi dan keuangan.
4. KEAMANAN INFORMASI PRIBADI
Kami akan menyimpan Informasi Pribadi Anda secara rahasia dan tidak membuka atau memberikan
informasi tersebut kepada atau memungkinkan akses oleh pihak lain, selain pihak berikut:
4.1 |
Induk perusahaan dan perusahaan terkait (afiliasi)
|
4.2 |
Pihak Ketiga, dimana produk atau layanannya ditampilkan pada Situs Kami dan menyediakan
kutipan web untuk produk dan/atau layanan yang diminta oleh Anda. Pihak Ketiga ini bertindak sebagai
pengendali informasi data Anda sehingga Anda harus membaca Kebijakan Privasi mereka atau menghubungi
mereka secara langsung untuk informasi tambahan.
|
4.3 |
Lembaga Pemerintahan terkait, dalam rangka untuk mencegah penipuan dan pencucian uang, dalam
kasus bahwa data palsu atau tidak tepat dan/atau diduga kasus penipuan, yang diatur sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan.
|
Dalam keadaan tertentu dan luar biasa, Kami mungkin diperlukan untuk mengungkapkan Informasi Pribadi.
Kami berkomitmen untuk mematuhi sesuai dengan hukum atau perintah pengadilan, atau dalam menanggapi
permintaan yang sah oleh Pemerintah atau Penegak Hukum, atau dalam hal Kami percaya dengan itikad baik
bahwa pengungkapan diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada perlindungan hak atau properti Kami,
atau untuk mengidentifikasi, mengontak dan melaksanakan tindakan hukum terhadap setiap pihak yang mungkin
bisa menyebabkan kerusakan atau gangguan hak-hak Kami atau properti (baik sengaja atau tidak), atau ketika orang
lain dapat dirugikan oleh kegiatan tersebut.
Data Pribadi Anda akan Kami simpan paling tidak sampai dengan 5 tahun sejak Anda berakhir menjadi pengguna Situs Kami
atau sesuai dengan persyaratan dalam peraturan perundang-undangan, yang Kami simpan pada pusat data Kami serta pusat
pemulihan bencana Kami yang berlokasi di Indonesia. Apabila Anda ingin agar Data Pribadi Anda dihapus sebelum itu,
maka Anda dapat mengirimkan permohonan kepada team helpdesk.ina@samudera.id
Kami juga berusaha untuk menyediakan layanan terbaik untuk Anda. Untuk melakukan hal ini, Kami merekam data cookies.
Ketika Pengguna mengunjungi Situs, server Kami akan mengingat informasi yang dikirimkan oleh browser, termasuk diantaranya:
alamat IP, jenis browser, website atau laman dikunjungi sebelumnya pengguna datang ke Situs Kami, preferensi Pengguna, serta
waktu yang dihabiskan dalam mengakses dan menggunakan Situs Kami.
Cookies ini dapat digunakan untuk kepentingan sebagai berikut :
|
Memberikan Anda pengalaman yang lebih personal di Situs Kami. Hal ini memungkinkan Kami untuk mengingat
Anda selaku Pengguna, ketika Anda mengunjungi Situs ini. Anda juga dapat mengakses kutipan
Anda yang telah disimpan sebelumnya.
|
|
Mempelajari kebiasaan atau tren penggunaan akses di Situs ini. Semakin Kami mengerti produk apa yang
dibutuhkan oleh Pengguna, diharapkan akan semakin baik kemampuan Kami untuk menawarkan solusi dan
layanan yang ditampilkan di Situs.
|
|
Memperoleh informasi mengenai jumlah pengunjung ke Situs ini dan laman mana yang paling sering
diakses atau dikunjungi Pengguna.
|
Esignature dapat mengizinkan perusahaan lain menggunakan cookie pada layanan kami. Informasi ini dapat
digunakan untuk, antara lain, menentukan popularitas konten tertentu, pengembangan situs dan konten Esignature,
mencegah penipuan atau aktivitas llegal atau tak berwenang lainnya serta untuk mengukur dan mengoptimalkan
kinerja iklan dan menyajikan iklan yang lebih relevan atas nama kami atau perusahaan lain, termasuk di aplikasi dan situs web pihak ketiga.
Pada umumnya, cookies akan dihapus saat Anda menutup browser Anda; ini disebut sebagai session cookies. Namun,
cookies akan tetap berada pada perangkat browsing Anda baik sampai pada saat Anda menghapusnya atau aktivitas browsing
berakhir. Dengan menggunakan Layanan ini, Anda setuju untuk Kami menggunakan data cookies. Data ini
tidak mengungkapkan Informasi Pribadi apapun, dan dengan demikian Kami tidak mengumpulkan,
memproses atau menggunakan Informasi Pribadi Anda.
Anda dapat mengubah pengaturan browser komputer Anda untuk memblokir atau menghapus cookies. Jika Anda
memilih untuk memblokir atau menghapus cookies Kami, Anda mungkin tidak dapat mengakses layanan Kami
dan ini bisa berpengaruh pada kinerja Situs Kami di sistem Anda selaku Pengguna.
5. UMUM
5.1 |
Penggunaan dan akses ke Situs ini diatur oleh Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi Kami.
Dengan mengakses atau menggunakan Situs ini, informasi, atau aplikasi lainnya dalam bentuk
aplikasi mobile yang disediakan oleh atau dalam Situs, berarti Anda telah memahami
dan menyetujui serta terikat dan tunduk dengan segala Syarat dan ketentuan yang berlaku di Situs ini.
|
5.2 |
Kami berhak untuk menutup atau mengubah atau memperbaharui Kebijakan Privasi ini setiap saat
tanpa pemberitahuan, dan berhak untuk membuat keputusan akhir jika tidak ada ketidakcocokan.
Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat perubahan
pada Kebijakan Privasi. Pengguna dengan ini membebaskan Kami dari tanggungjawab atas tidak
tersampaikannya data/ informasi yang disampaikan kepada Pengguna melalui berbagai jenis saluran
komunikasi karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya.
|
5.3 |
Jika Anda masih memerlukan jawaban atas pertanyaan yang tidak terdapat dalam Kebijakan Privasi ini,
Anda dapat menghubungi Kami di email helpdeks.ina@samudera.id atau menghubungi Kami di nomor 021-25676969
|